Teknik Mesin

Teknik Mesin UP mencakup bidang yang terkait dengan perancangan, pembuatan, pemeliharaan komponen dan sistem mekanika yang kompleks. Konversi energi merupakan bidang yang diunggulkan pada Program Studi Teknik Mesin UP karena memiliki kaitan erat dengan visi UP di bidang teknologi dan bisnis energi. Energi baru dan terbarukan merupakan andalan pada bidang konversi energi yang akan membawa Program Studi Teknik Mesin UP terdepan di tingkat global.

Tentang Program Studi

Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina akan menjadi institusi penyelenggara pendidikan, penelitian, dan pengembangan energi dan industri yang kompeten di Indonesia. Bentuk nyata dari penelitian dan pengembangan energi yang dilakukan di Program Studi Teknik Mesin UP adalah dengan penelitian dan pengembangan teknologi untuk membuat sel surya, termasuk didalamnya material dan sistem mekanik pendukungnya. Program Studi Teknik Mesin UP berkomitmen membekali mahasiswa dengan kemampuan hardskill dan softskill yang diperlukan untuk berkompetisi dalam dunia kerja.

Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan yaitu:

  • Kurikulum yang disusun untuk memenuhi standar internasional yang disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan industri, terutama energi. Kurikulum disusun dengan melibatkan stakeholder, PT. Pertamina agar lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi yang dibutuhkan didunia kerja.
  • Mahasiswa memiliki kesempatan untuk duduk dikelas dengan materi diberikan oleh subject matter expert (SME) dari PT. Pertamina dan industri lain untuk mengulas studi kasus dan metode penyelesaian (solving problem) yang relevan dengan mata kuliah dan topik yang sedang dipelajari.
  • Didukung oleh fasilitas riset yang dimiliki oleh PT. PERTAMINA.
  • Mendukung dan berorientasi pada core proses bisnis PERTAMINA.
  • Mahasiswa dibekali ilmu rekayasa baik secara akademis maupun praktis langsung di wilayah kerja PERTAMINA.
  • Menghasilkan lulusan yang siap kerja terutama di bidang pengolahan industri energi.
  • Penguasaan tools (software) yang diperlukan dalam bidang kerja, seperti pada bidang FEA (Finite Element Analysis), CFD (Computational Fluid Dynamics), dan Design.
  • Kurikulum yang mendukung penanaman konsep Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif dalam penyelesaian masalah.

Program Studi Teknik Mesin mencakup beberapa jenis mata kuliah, antara lain:

    1. Mata kuliah pengetahuan dasar: Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kalkulus.
    2. Mata kuliah dasar Teknik Mesin: Gambar Teknik, Gambar Mesin, Probabilitas dan Statistika, Matematika Teknik, Metode Numerik, Termodinamika, Material Teknik, Statika Struktur, Kinematika dan Dinamika, Pengukuran dan Metrologi Industri.
    3. Mata kuliah lanjut dan peminatan dibidang Teknik Mesin: Mekanika dan Kekuatan Material, Mekanika Fluida, Perpindahan Panas, Elemen Mesin, Proses Manufaktur, Konversi Energi, Sistem Dinamik dan Kendali, Rotating Equipment, Mekatronika, Teknik dan Manajemen Pemeliharaan Mesin, Motor Bakar Torak, Perancangan Produk, CFD, FEA, Rekayasa Energi Matahari, Rekayasa Energi Air dan Angin.
    4. Mata kuliah penunjang dunia profesional: Berpikir Kritis, Berpikir Solusi Kreatif, Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi, Capstone Design Project, Kerja Praktik, dan Etika Profesi.

Lulusan Teknik Mesin Universitas Pertamina dapat bekerja di berbagai industri sebagai tenaga ahli dan perancang proses pemipaan, fabrikasi, inspektor teknik, pemeliharaan, manufaktur, konsultan dan pemerintahan. Selain itu, lulusan Teknik Mesin juga dapat berkiprah di bidang akademis seperti dosen dan peneliti.

Peminatan Program Studi

Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina berupaya mencetak lulusan yang kompeten untuk terjun di berbagai sektor industri dan memiliki komitmen yang kuat dalam pengembangan energi berkelanjutan di Indonesia yang memiliki konsentrasi keilmuan seperti:

  • Energi baru dan terbarukan: mampu mengidentifikasi dan merancang sistem untuk pembangkitan energi dari angin, air dan surya; sistem penyimpanan energi; mampu mengaudit dan mengelola energi
  • Perancangan sistem mekanika: mampu mengidentifikasi kebutuhan, penyusunan spesifikasi, pengembangan konsep, pemilihan desain dan detail desain, perhitungan kekuatan struktur, pemilihan material, teknik pencegahan kegagalan material dalam sistem mekanika yang komplek
  • Safety and reliability di bidang oil and gas: mampu mengidentifikasi hal-hal yang yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kehandalan mesin, analisa dan manajemen resiko, analisa kegagalan pada mesin.
  • Teknologi permesinan lanjut: mampu memahami teknik permesinan lanjut mikro dan nano.