Studi Banding ke Teknik Mesin ITB dan Kunjungan Industri ke PT. Len Industri, Bandung

 

Pada tanggal 10 Maret 2017, Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina (UP) mengadakan Studi Banding ke Teknik Mesin ITB, khususnya ke Lab Motor Bakar dan Kunjungan Industri ke PT. Len Industri, Bandung. Program regular ini diselenggarakan agar mahasiswa Teknik Mesin yang saat ini sedang duduk di semester 2, mendapat gambaran mengenai aplikasi ilmu-ilmu dasar yang sedang mereka pelajari saat ini.

Rombongan berangkat pukul 5:30 pagi dan tiba di tempat tujuan pukul 9:30 pagi. Jumlah mahasiswa yang berangkat adalah 54 orang dan didampingi oleh sejumlah dosen, yaitu; Khusnun Widiyati, Ph.D selaku Kepala Prodi, Muhammad Heikal Hasan, S.T, M.Eng, dan Dr. Eng. Sri Hastuty. Disambut dan dibuka dengan presentasi ilmiah oleh mahasiswa tingkat akhir T. Mesin ITB. Setelah itu kunjungan dilanjutkan menuju Lab Motor Bakar. Disana mahasiswa melihat secara langsung dan mendapat penjelasan mengenai tipe-tipe motor bakar; ignition dan injection, komponen-komponen mesin, alat untuk menguji performa suatu bahan bakar, jet engine yang digunakan pada mesin pesawat terbang dan lain sebagainya.  Mahasiswa T. Mesin UP terlihat antusias untuk bertanya dan berdiskusi dengan mahasiswa T. Mesin ITB sekitar satu jam.  Setelah selesai, pertemuan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cinderemata dari T. Mesin UP.

Kunjungan dilanjutkan ke PT. Len Industri yang terletak di daerah Sakaluyu, Bandung. Pertemuan diawali oleh penjelasan dari Humas PT. Len Industri mengenai sejarah pembentukan industri tersebut.

Didirikan sejak tahun 1965, LEN (Lembaga Elektronika Nasional) kemudian bertransformasi menjadi sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 1991.

Sejak saat itu, Len bukan lagi merupakan kepanjangan dari Lembaga Elektronika Nasional (LEN), tetapi telah menjadi sebuah entitas bisnis profesional dengan nama PT Len Industri. Saat ini Len berada di bawah koordinasi Kementrian Negara BUMN dengan kepemilikan saham 100% oleh Pemerintah Republik Indonesia. Selama ini, Len telah mengembangkan bisnis dan produk-produk dalam bidang elektronika untuk industri dan prasarana, serta telah menunjukkan pengalaman dalam bidang :

  • Broadcasting, selama lebih dari 30 tahun, dengan ratusan Pemancar TV dan Radio yang telah terpasang di berbagai wilayah di Indonesia.
  • Jaringan infrastruktur telekomunikasi yang telah terentang baik di kota besar maupun daerah terpencil.
  • Elektronika untuk pertahanan, baik darat, laut, maupun udara.
  • Sistem Persinyalan Kereta Api di berbagai jalur kereta api di Pulau Jawa dan Sumatera.
  • Sistem Elektronika Daya untuk kereta api listrik.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang telah terpasang diberbagai pelosok Indonesia.

Mahasiswa terlihat semangat mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan staf PT. Len, namun tak terasa, waktu telah habis dan kunjungan pun harus diakhiri. Proses ini ditutup dengan penukaran tanda mata dari kedua belah pihak dan foto bersama.

 

Written by Dr. Eng. Sri Hastuty (Lecturer of Mechanical Engineering, UP)

 

Penyerahan Cinderamata Teknik Mesin UP

 

 

 

Diskusi dengan mahasiswa T. Mesin ITB di Lab Motor Bakar, ITB

 

Mahasiswa UP memperhatikan komponen-komponen mesin

 

Berdiskusi mengenai jet engine

Berfoto bersama di ITB

 

 

Berada di spot Railway system yang dikembangkan oleh PT. Len Industri

 

Foto bersama di PT. Len Industri